Breaking

LightBlog

Tuesday, July 4, 2017

Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools


 Google Webmaster Tools

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial yang sudah umum dilakukan oleh kebanyakan blogger setelah melaunching blog baru yaitu bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools.

Pertanyaan yang mungkin sering dilontarkan adalah kenapa kita harus mendaftarkan blog kita di google webmaster tools?

Kita perlu mendaftarkan blog ke webmaster tools adalah karena kita semua juga sudah tau bahwa google adalah mesin pencari terbaik yang paling sering digunakan oleh seluruh orang di dunia untuk menemukan berbagai macam informasi baik dalam bentuk tulisan artikel, gambar maupun video, dan google adalah pintu yang digunakan oleh berbagai orang untuk menuju ke blog Anda.

Dengan mendaftarkan blog anda ke google webmaster tools otomatis juga bisa meningkatkan SEO pada blog Anda. Kegunaan Google Webmaster Tools ini sangatlah banyak sekali, selain untuk memverifikasi blog Anda, juga berguna untuk memasukkan sitemap dari website atau blog Anda sehingga bisa di tangkap oleh google setiap artikel yang Anda tambahkan dan update.
Berikut Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools :
1. Akses ke laman Google Webmaster Tools disini dan login dengan akun gmail anda.

2. Setelah anda Sign in, selanjutnya Anda akan melihat halaman seperti gambar dibawah ini dan Masukkan URL website atau blog anda dengan klik Add a Site.

3. Setelah itu Anda akan di bawa ke bagian verifikasi, di verifikasi Anda akan melihat ada 2 Metode, yaitu Recommended Method dan Alternate Method.

Dalam hal ini, saya memilih Alternate Method karena lebih memudahkan. Copy kode pada kolom Tag HTML tersebut dan masuk ke dashboard akun blogger Anda dan klik menu Template » Edit HTML dan paste code verifikasi dibawah tag <head> dan setelah itu simpan.

cara daftar blog di google webmaster tools2
Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan
4. kembali pada halaman google webmaster tools dan klik tombol verifikasi. Jika proses verifikasi di atas sudah Anda lakukan dan berhasil, Anda akan melihat centang berwarna hijau.

Sekarang Anda harus memasukkan sitemap.xml blog Anda juga dengan cara masuk ke menu Crawl (perayapan) > Sitemap (peta situs) > klik tombol ADD/TEST SITEMAP, setelah itu masukkan url sitemap.xml seperti gambar dibawah ini.

cara daftar blog di google webmaster tools3
Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan

Beberapa langkah diatas bisa Anda ikuti untuk mendaftarkan blog anda ke Google Webmaster Tools. Silahkan dicoba dan semoga artikel ini bermanfaat.
Anda terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan jupiterexpress21 di Twitter dan Google+.

Baca juga : Cara daftar (Verifikasi) blog di Bing Webmaster Tools.

No comments:

Post a Comment